Tanda Mau Melahirkan yang Sudah Mendekati Harinya

Persalinan akan berjalan dengan lancar selama Anda tetap menjaga kesehatan agar tidak mengalami komplikasi. Lakukan pemeriksaan yang rutin untuk terus mengetahui kondisi kesehatan bayi di dalam kandungan. Setelah itu pahami tanda mau melahirkan yang sudah mendekati harinya agar Anda lebih mempersiapkan segala keperluan.

  1. Posisi Bayi Semakin Menurun

Tanda yang akan dialami adalah posisi bayi yang semakin menurun. Semakin usia kehamilan Anda dekat dengan hari perkiraan lahirnya, maka posisi bayi akan semakin turun ke bagian panggung. Bayi akan masuk ke sana dan akan semakin dekat dengan jalan lahir.

Ketika bayi Anda mulai turun ke bagian panggul, maka bayi sedang mengatur posisi tubuhnya untuk menyiapkan persalinan. Secara normal posisi kepala bayi akan berada di bawah. Posisi perubahan atau menurunnya bayi ke bagian pinggul bisa diketahui dengan USG yang dilakukan di trimester ketiga.

  1. Leher Rahim Terbuka

Tanda mau melahirkan berikutnya adalah bagian leher rahim mulai terbuka lebar dan menipis. Ini merupakan tanda yang akan dialami lebih dahulu. Hanya saja bagian leher rahim tidak langsung terbuka lebar. Proses terbukanya akan berlangsung sedikit demi sedikit sampai akhirnya terbuka selebar 10 cm.

Saat mengalami pelebaran leher rahim ini, Anda akan merasakan kontraksi yang teratur. Ini akan terjadi secara bersamaan dan merupakan tanda yang wajar terjadi menjelang persalinan. Anda akan semakin merasakannya di minggu terakhir perkiraan lahir atau menjelang beberapa harinya.

  1. Air Ketuban Pecah

Tanda semakin dekatnya hari persalinan yaitu Anda akan mengalami air ketuban yang pecah. Ini merupakan tanda yang sangat pasti dan tidak perlu diragukan lagi. Pecahnya air ketuban menunjukkan hari persalinan tinggal beberapa hari lagi. Saat terjadi kondisi ini langsung dibawa ke rumah sakit agar bisa mengetahui kondisi Anda secara pasti.

  1. Nyeri Selangkangan

Tanda berikutnya yang akan dialami adalah nyeri pada bagian selangkangan. Nyeri pada bagian ini juga disertai dengan nyeri pada bagian perut, punggung, dan paha. Tanda ini terjadi di hari persalinan yang akan berlangsung.

Ketika Anda mengalami masalah ini dan masih di rumah, segeralah ke rumah sakit karena persalinan akan segera berlangsung. Nyeri yang dialami ini karena posisi adanya tekanan dari bagian kepala bagi yang sudah turun ke bagian rangka tulang pelvis Anda.

  1. Mual dan Muntah-Muntah

Anda akan mengalami tanda-tanda dengan mual yang disertai muntah-muntah. Ini terjadi karena kondisi hormon yang ada di dalam tubuh semakin meningkat. Hormon tersebut mempengaruhi kondisi usus sehingga menjadi semakin sering bergerak dan menyebabkan mual juga muntah-muntah.

Tanda mau melahirkan ini ada yang dialami seluruhnya ada juga beberapa. Anda bisa melihat mana yang dialami dan terus memantau perkembangan bayi di dalam kandungan. Jangan bekerja terlalu berat saat sudah memasuki usia kehamilan di trimester ketiga akhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *