Pengertian Gagal Ginjal Akut

Sudah taukah Anda mengenai pengertian dari Gagal Ginjal Akut? Padahal ginjal merupakan salah satu organ penting yang ada di dalam tubuh manusia. Lalu hal apa saja yang akan memicu terjadi gagal ginjal akut pada manusia. Berikut ini penjelasannya.

Apa Maksud dari Gagal Ginjal Akut?

Perlu Anda ketahui bahwa pengertian gagal ginjal akut merupakan sebuah istilah yang menunjukkan pada keadaan dimana ginjal seseorang mengalami gangguan atau rusak sehingga ginjal tersebut tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. 

Ginjal manusia dapat mengalami gagal ginjal akut dalam waktu yang cepat bahkan hanya dalam hitungan beberapa jam saja. Oleh karenanya jika tidak ditangani dengan cepat dan sesegera mungkin maka keadaan ini bisa membahayakan nyawa penderita.

Kondisi gagal ginjal akut akan terjadi ketika ginjal secara mendadak tidak mampu lagi menyaring bahan kimiawi yang masuk dalam tubuh melalui darah, sehingga karena hal tersebut mengakibatkan bahan kimiawi tersebut akan bertumpuk.

Selain itu biasanya juga terjadi gagal ginjal akut terjadi akibat adanya komplikasi dari penyakit lain. Hal yang dapat memicu gagal ginjal akut lainnya umumnya karena usia, sehingga orang yang lanjut usia akan lebih sering atau beresiko mengidapnya. 

Penyebab terjadinya gagal ginjal akut

Setelah sekilas mengetahui terkait dengan apa itu gagal ginjal akut. Maka saatnya Anda juga mengetahui beberapa penyebab terjadinya gagal ginjal akut. Secara umum gagal ginjal akut pada manusia dapat terjadi karena berkurangnya aliran darah yang masuk ke ginjal. Hal tersebut bisa dikarenakan misalnya karena volume darah yang rendah sebab pasien mengalami muntah, diare berlebihan sehingga perdarahan sehingga salah satu gejalanya juga bisa mengakibatkan dehidrasi berat

Selain itu gagal ginjal akut juga bisa dikarenakan adanya penurunan pada jumlah darah yang dipompa jantung di bawah normal bisa dikarenakan gagal hati, gagal jantung, dan syok anafilaktik

Lalu kondisi penyebab gagal ginjal akut juga dapat terjadi akibat adanya cedera pada ginjal itu sendiri misalnya karena timbulnya penyakit tertentu misalnya sindrom hemolitik uremik, vaskulitis, glomerulonefritis dan skleroderma.

Kemudian juga bisa terjadi karena penggumpalan darah pada pembuluh darah vena dan arteri ginjal, adanya Infeksi pada ginjal, konsumsi berbagai obat-obatan, misalnya obat antibiotik aminoglikosida dan antiinflamasi nonsteroid 

Selain itu juga bisa terjadi karena cairan kontras yang digunakan saat pemeriksaan  CT Scan atau foto Rontgen bahkan racun atau bahan kimia berbahaya lainnya seperti logam berat atau alkohol

Selain yang disebutkan diatas maka gagal ginjal akut juga dapat diakibatkan oleh tersumbatnya saluran urine, sehingga zat sisa yang ada pada ginjal tidak bisa dibuang melalui urine. Tersumbatnya aliran urine ini bisa dapat disebabkan oleh tumor daerah panggul, pembesaran prostat, batu ginjal.

Faktor yang meningkatkan risiko gagal ginjal akut

Ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang terkena gagal ginjal akut antara lain, pasien juga menderita hipertensi, obesitas, diabetes, dan penyakit hati. Kemudian Ia juga telah enderita penyakit ginjal sebelumnya, seperti gagal ginjal kronis. Penderita berusia sekitar 65 tahun atau lebih, Ia juga seorang yang menderita penyakit arteri perifer. Dan merupakan seorang yang sedang menjalani perawatan di ruang intensif.

Demikianlah pengertian gagal ginjal akut serta juga ada tambahan informasi terkait penyebabnya dan resiko yang mampu meningkatkan seseorang terkena gagal ginjal akut semoga urain tersebut dapat menambah wawasan Anda dan juga dapat menghindarinya.

  1. Gejala Umum Gagal Ginjal Akut

Sebelum membahas lebih detail mengenai gejala umum gagal ginjal akut. Maka ada baiknya Anda ketahui terlebih dahulu bahwa ginjal manusia dapat mengalami gagal ginjal akut dalam waktu yang cepat bahkan hanya dalam hitungan beberapa jam saja. Oleh karenanya jika tidak ditangani dengan cepat dan sesegera mungkin maka keadaan ini bisa membahayakan nyawa penderita. 

Gejala Umum Gagal Ginjal Akut

Setelah sekilas mengetahui terkait dengan gagal ginjal akut. Maka saatnya Anda juga mengetahui beberapa gejala gagal umum ginjal akut. Berikut ini beberapa gejala gagal ginjal akut yang umumnya akan muncul pada penderitanya adalah pertama penderita akan mengalami keadaan dimana produksi urin mereka berkurang. 

Selain itu penderita juga akan mengalami nafsu makan yang berkurang serta rasa mual dan muntah. Kemudian juga timbul bau napas yang tidak sedap. Terkadang juga sesak pada dada.

Saat mengukur tekanan darah maka biasanya tekanan darah penderitanya tinggi. Penderita akan mudah lelah. Adanya penumpukan cairan dalam tubuh atau edema hal tersebut yang dapat mengakibatkan terjadinya pembengkakan pada tungkai atau kaki.

Kemudian juga akan terjadi penurunan kesadaran dan rasa haus yang berlebihan atau dehidrasi. Penderita juga sering mengalami kejang dan tremor. Biasaya juga akan muncul rasa nyeri pada punggung tepatnya pada bawah tulang rusuk atau flank pain.

Namun perlu Anda ketahui juga ada fase awal terjadinya gagal ginjal akut biasanya tidak akan menunjukkan gejala apapun. Namun tentu saja Anda harus tetap waspada sebab keadaan ini bisa memburuk secara tiba-tiba dengan cepat dan penderita akan mengalami beberapa gejala seperti yang disebutkan di atas.

Beberapa hal yang dilakukan saat diagnosis Gagal Ginjal Akut

Setelah Anda mengetahui gejala yang timbul hendaknya Anda juga melakukan pemeriksaan pada ahlinya atau diagnosis gagal ginjal akut. Hal tersebut berguna untuk memastikan bahwa seseorang telah mengalami gagal ginjal akut maka dokter akan melakukan beberapa hal berikut seperti:

Tes Urin

Salah satu yang akan dilakukan pada pasien yang didiagnosis gagal ginjal akut maka akan dilakukan tes urine serta juga melakukan pengukuran volume urine yang keluar.

Pemindaian dan Biopsi ginjal

Selain itu akan dilakukan pemindaian dan biopsi pada ginjal. Kegunaan daripada tes pemindaian USG ginjal ataupun CT scan bisa untuk melihat penyebab gagal ginjal akut, misalnya jika ada penyumbatan pada sistem saluran kemih pasien. Sedangkan pemeriksaan dengan cara mengambil sebagian atau sampel jaringan ginjal untuk diperiksa di bawah mikroskop disebut dengan biopsi ginjal juga biasanya digunakan untuk menentukan penyebab gagal ginjal akut.

Biasanya seseorang pasien dewasa yang dinyatakan atau mendapat sebuah kesimpulkan bahwa dirinya terkena gagal ginjal akut jika hasil pemeriksaan atau diagnosisnya akan menunjukkan bahwa adanya kandungan kreatinin pada darah dengan kandungannya di atas normal dan bahkan akan terus meningkat.Selain adanya kandungan kreatinin maka juga akan terjadi peningkatan ureum pada darah. Volume urine juga berkurang. 

Selain itu Anda juga perlu mengetahu komplikasi yang bisa terjadi akibat penyakit gagal ginjal akut salah satunya adalah kerusakan pada ginjal seara permanen. Selain itu juga bisa berkomplikasi dengan gagal ginjal kronis yang dalam pengobatannya membutuhkan cuci darah secara permanen bahkan tranplantasi ginjal.

Demikian itu gejala umum pada gagal ginjal akut perlu Anda ketahui juga bahwa semua orang yang berisiko gagal ginjal akut disarankan untuk rutin menjalani tes darah serta juga rutin mengecek volume urine secara berkala. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *