Mengunjungi Tempat Tinggal Suku Sasak

Suku Sasak merupakan salah satu suku asli dari Lombok. Menurut CatatanWisata.com mereka tingal di Dusun Sade. Dusun tersebut merupakan salah satu tempat para penduduk asli dari Suku Saka tinggal. Lokasi dari Suku Sade berada di Keceamatan Pujut,  Lombok Tengah. Uniknya dari dusun ini, masyarakat yang tinggal disana yang merupakan Suku Sasak asli menurut CatatanWisata.com terkenal dengan penduduk yang masih mempertahankan berbagai aspek budaya tradisional mereka sejak enak abad silam. Sehingga jika Anda berkunjung ke Dusun Sade Anda dapat melihat pemandangan rumah – rumah kuno yang menarik dan juga membuat Anda peka untuk dapat membuat hal tersebut. salah satunay dengan melihat dari CatatanWisata.com sehingga membuat Anda dapat mengetahui berbagai macam aspek – aspek tradisional yang masih di jaga dan dilestarikan oleh penduduk setempat.

Dari penduduk tersebut Anda juga dapat mengetahui tentang rumah tradisinoal yang masih beratap alang – alang, lengkap dengan dinding yang dianyam dari bamboo ataupun rotan dan juga di tompang kayu sebagai penunjang kokohnya rumah tersebut. menurut CatatanWisata.com setiap ruamh di Dusun Sade dibedakan menurut fungsi dari rumah tersebut. salah satunya adalah Bale Tani yang merupakan hunian keluarga, Bale Kodong digunakan untuk pasangan muda yang belum memiliki anak ataupun memiliki tanggungan lansia. Sedangkan menurut CatatanWisata.com Bale Bonter digunakan untuk ditempati petinggi desa. Ada juga bangunan khusus yang dijadikan sebagai lumbung padi dan juga balai desa setempat yang bianya menurtu CatatanWisata.com digunakan sebagai tempat untuk melakukan perundingan.

Dari info CatatanWisata.com setiap rumah yang ada disana dihubungkan dengan menggunakan semacam jalan setapak untuk dapat mengunjungi tetangga Anda. bagi Anda yang dapat melihat CatatanWisata.com setiap pengunjung yang datang ke Dusun Sade akan dapat melihat proses pembuatan kain ikat secara tradisional. Dan juga Anda dapat diajarkan untuk dapat menenun kain ataupun dapat digunakan untuk membeli kain langsung dari penduduk lokal tersebut. dari info CatatanWisata.com biasanya masyarakat setempat sering mengadakan festival dan juga berbagai macam ritual tradisional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *