Mengembangbiakkan Lovebird Model Poligami dengan panduan https://burunglovebird.net Agar Lebih Hemat Namun Bervariasi

Lovebird di alam liarnya dikenal sebagai pejantan yang setia ataupun disebut dengan monogami. Namun bukan berarti lovebird jantan tidak bisa dikembangbiakkan secara poligami. Sudah ada beberapa contoh peternak lovebird model poligami yang berhasil menerapkan sistem pengembangbiakkan model ini. Salah satunya adalah Bapak Joni, pemilik peternakan Fiqrillah (Fiqrillah Farm) di daerah Sumenep. Di https://burunglovebird.net kami akan membagikan infonya untuk anda.

Tujuan dari pengembangbiakkan lovebird model poligami ialah untuk menghemat jumlah pejantan yang digunakan untuk mengawini si betina. Teoritisnya, pejantan lovebird mampu mengawini 4 sampai 5 ekor betina. Persentase fertilitas nya pun bisa dipastikan dapat tetap terjaga. Namun yang perlu diingat, sistem poligami lovebird tidak sama dengan cara beternak ayam kampung. Yaitu 1 ekor ayam pejantan dijadikan satu dengan beberapa ekor ayam betina dalam kandang yang sama. Jika cara tersebut anda terapkan pembaca setia https://burunglovebird.net pada lovebird, ia tidak akan mau mengawini semua lovebird betina secara bergantian. Ia akan tetap memilih satu lovebird betina saja. Karena si lovebird pejantan tetap akan kembali ke sifat asalnya sebagai burung monogami. Sehingga poligami lovebird hanya bisa dilakukan di dalam kandang soliter.

Keuntungan dari sistem poligami pada lovebird ini, selain untuk menghemat indukan jantan, kita juga dapat memperkirakan sendiri warna anakan lovebird yang akan dihasilkan kelak. Hal ini bisa kita lihat dari indukan jantan dan indukan betina yang akan dikawinkan. Berikut beberapa cara untuk memilih lovebird indukan jantan dan betina untuk dilakukan lovebird model poligami, sehingga hasinya akan tetap terjaga dan maksimal khusus untuk anda pembaca setia https://burunglovebird.net.

  1. Indukan jantan minimal harus berumur 8 bulan.
  2. Indukan betina minimal harus berumur 1 tahun (atau pilih yang sudah memasuki masa birahi).
  3. Dikarenakan indukan jantan akan mengawini 3 hingga 4 indukan betina sekaligus, maka harus dipilih yang memiliki kualitas yang bagus, terutama kualitas suaranya.
  4. Sebaiknya indukan betina pun juga harus memiliki kualitas suara yang bagus. Hal ini perlu diperhatikan terutama untuk para peternak lovebird yang bertujuan menghasilkan lovebird yang memiliki ngekek panjang.
  5. Sedangkan apabila peternak tersebut bertujuan memiliki jenis lovebird dengan warna yang indah, maka sebaiknya pilihlah indukan betina dengan warna yang berbeda-beda. Maka hasil/anakannya juga akan bervariasi.
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *