Contoh Soal UNBK via Online

Hai, aku mau cerita deh. Baru-baru ini aku habis mengamati bimbingan belajar era millenial. By the way, aku bukan generasi millenial ya. Tapi aku senang saja mengamati perkembangan jaman dan teknologi.

Awalnya aku melihat iklan Ruang Guru di youtube. Saat itu aku tertarik, wah ada bimbingan belajar unik nih. Dulu aku juga ikut bimbingan belajar saat sekolah. Tapi bimbingan belajar konvensional, yang mengharuskan siswa siswi datang ke tempat les sepulang sekolah.

Kebanyakan teman-temanku saat itu mengeluh. Aku juga begitu sih. Ya bagaimana, jujur rasanya sekolah itu buat badan lelah. Ternyata masih harus lanjut belajar di tempat lain. Belum waktu itu habis di perjalanan. Memang masih lebih melelahkan bekerja sih haha.

Ya tapi, Ruang Guru menurutku menjawab kebutuhan semua pelajar sih. Kalau memang belajar bisa dibuat menyenangkan dan tidak melelahkan, kenapa tidak toh? Nah, karena aku tertarik sekali, aku ikut berlangganan dong hahaha.

Jadi aku mendaftarkan diri, ceritanya aku ini masih siswa kelas 3 SMA. Yang mana akan melanjutkan pendidikan kuliah. Ini kan yang jadi alasan terbesar siswa siswi ikut bimbingan belajar. Untuk mempersiapkan ujian masuk perguruan tinggi.

Tapi, sebelum itu, tentu kamu harus lulus sekolah dulu dong. Ujian Nasional tidak pernah hilang teman-teman hehe. Tapi selalu ada perubahan. Di tahun ini, kamu yang menginjak kelas 3 SMA, SMP, ataupun SD, harus melewati Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK.

Apa bedanya UNBK dengan Ujian Nasional jaman dulu? Ya itu sesuai namanya, berbasis komputer. Jadi kamu harus mengerjakan UNBK menggunakan komputer. Bukan lagi kertas seperti jaman dulu. Menurutku bagus sih, jadi kita bisa mengurangi sampah kan.

Di sisi lain, siswa siswi harus mempersiapkan diri dengan sangat baik. Jadi gini, kita buka-bukaan saja ya. Jaman dulu itu bocoran soal atau bocoran kunci jawaban itu mudah sekali didapatkan. Jujur karena itu, banyak siswa siswi yang santai saja menghadapi UN. Maaf sebenarnya saya juga.

Dengan sistem yang sekarang, Ujian Nasional sepertinya lebih terasa sulit. Satu orang bisa mendapatkan soal yang berbeda dengan orang lain. Ini bagus dong, mau gak mau siswa siswi harus rajin belajar dan berlatih.

Oke, bicara soal belajar dan berlatih, Ruang Guru ini benar-benar jawabannya. Ruang Guru menyediakan fitur Ruang Belajar dan Ruang Uji yang dibutuhkan oleh para pelajar. Di Ruang Belajar kira-kira begini gambarannya.

Kamu bisa mendapatkan materi pelajaran yang sangat lengkap. Asli deh semuanya ada, baik untuk siswa-siswi kelas 1 SD sampai kamu yang duduk di kelas 3 SMA. Tapi aku memang lebih fokus mengamati materi SMA dong.

  • Materi pelajaran di Ruang Guru itu dikemas dengan sangat menarik. Kelebihan utama dari Ruang Guru menurutku adalah adanya video belajar. Anak-anak jaman sekarang kan suka menonton video, jadi belajar dengan nonton video juga sangat seru rasanya. Apalagi dikemas dengan animasi-animasi yang menarik.
  • Selain video, siswa-siswi yang berlangganan Ruang Guru juga dapat memperoleh rangkuman materi yang lengkap. Jika kamu ingin mengingat-ingat satu materi, kamu nggak perlu buka semua materi yang ada.
  • Selanjutnya contoh soal. Ini juga penting nih, terutama ada contoh soal UNBK dong. Benar-benar sesuai dengan kebutuhan pelajar yang akan menghadapi ujian nasional.
  • Contoh soal UNBK juga tapi dengan pembahasan soal-soal itu sendiri. Jadi kalau kamu salah mengerjakan, jangan khawatir. Kamu akan segera tahu jawaban yang benar itu seperti apa.

Duh ternyata sudah panjang ceritanya. Segini dulu ya, kita lanjut lagi nanti. Mungkin nanti bahas contoh soal UNBK atau kita bahas yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *